Rabu, 18 Desember 2019

5 Tahapan Membuat Laporan Keuangan Menggunakan Software Zahir

Hasil gambar untuk laporan keuangan zahir"

Haii. haii. ketemu lagi kita?
Kali ini aku ingin memberikan beberapa tips untuk membuat laporan keuangan menggunakan program Zahir Accounting. Hitung-hitung biar aku enggak lupa juga sih & mana tau ada yang sedang membutuhkannya dan kebetulan aku lagi gabut banget, pingin ngetik-ngetik wkwkwk.

Next. Langsung aja ya.
Laporan Keuangan? Tentunya setiap orang pada umumnya sudah pernah mendengar dan tidak asing lagi dengan kata "Laporan Keuangan".

Setiap perusahaan tentu memiliki laporan keuangan, baik itu perusahaan kecil maupun perusahaan besar dan mungkin saja setiap warung-warung kecil memiliki laporan keuangan yang sederhana.
Laporan keuangan adalah hasil akhir dari proses pencatatan transaksi keuangan suatu perusahaan yang menunjukan kondisi keuangan perusahaan pada periode akuntansi dan merupakan gambaran umum mengenai kinerja suatu perusahaan.

Menurut pengertian singkat aku sih "Laporan keuangan itu merupakan gambaran kondisi keuangan perusahaan apakah perusahaan itu untung, rugi atau tetap tidak bergerak dimana dengan laporan tersebut digunakan untuk mengambil keputusan mengenai keuangan perusahaan, mengatur budget pengeluaran perusahaan. Kira-kira seperti itulah pengertian yang aku pahami.

Nah, untuk membuat laporan   juga sangat banyak caranya. Ingin menggunakan laporan keuangan manual atau menggunakan software? semua tergantung dari kebijakan perusahaan masing-masing.
Kali ini saya akan membahas membuat laporan keuangan menggunakan software laporan keuangan yaitu "ZAHIR"

Zahir merupakan salahsatu software laporan keuangan yang cukup baik untuk digunakan.
Berikut tahapan membuat laporan keuangan menggunakan ZAHIR :
1. Mendaftarkan perusahaan pada zahir software
Setelah membeli software zahir tentunya kita harus mendaftarkan perusahaan terlebih dahulu ya. Lengakapi data perusahaaan. yang akan didaftarkan
2. Membuat Data Master
Setelah mendaftarkan nama perusahaan, kita harus membuat data master terlebih dahulu (Data master berisi kode akun/coa untuk masing-masing setiap transaksi ex: akun bank, akun kas, akun pajak, akun saham dll
3. Mengisi Saldo Akun
Setelah membuat data master pada zahir maka selanjutnya mengisi saldo akun, saldo akun disini diisi dengan modal saham, saldo pajak jika ada , dll.
4. Membuat Jurnal Transaksi
Kemudian semua transaksi yang pernah dilakukan  diinput pada program Zahir sesuai dengan akun-akun yang telah ditentukan (Zahir sendiri terdapat beberapa akun pokok yaitu Jurnal Umum Transaksi, Pembelian, Penjualan, dan Kas). Setelah membuat jurnal transaksi Laporan Keuangan otomatis terbentuk sesuai dengan formatnya. Tetapi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan setelah membuat jurnal transaksi yaitu:

a. Memastikan kembali kode akun/coa yang di input sudah benar
b. Memastikan kembali  masing-masing nilai dari setiap transaksi benar dan sesuai dengan (rekap manual dan rekening koran)
c. Memastikan kembali tanggal transaksi sesuai dengan dokumen transaksi
d. Membuat jurnal penyesuaian jika ada yang belum sesuai/atau terlanjur sudah terposting
e. Memeriksa kembali antara laba dan neraca (Laba & Neraca harus seimbang).

5. Setelah sama dan seimbang antara laba & neraca. TARAAA, laporan nya jadi..


Nah sekian info dari kegabutanku hari ini wkwkwk. Klo ada yg mau tanya mengenai data master atau tampilan zahir boleh ke:  dinawahyuni011@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

"Mlaku-mlaku Nang Kota Pacitan & Yogyakarta"

Hallo. Ini pertama kalinya aku memposting tulisan perjalananku. Kali ini aku ingin bercerita mengenai perjalananku ke kota yang sangat spe...